Jumat, 17 Mei 2013

PIAGE vs VYGOTSKY " PRIVATE SPEECH "


Manusia tidak pernah lepas dari bahasa. Manusia sangat membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya bahkan untuk dirinya sendiri. Sehingga perkembangan bahasa menjadi hal yang sangat penting. 
Perkataan pribadi (private speech) adalah berbicara dengan mengeluarkan suara kepada diri sendiri tanpa ada niat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Menurut Berk (1986) private speech biasanya dijumpai pada anak berusia 4-10 tahun, sebesar 20 sampai 50 persen.

1. Anak yang berusia 2-3 tahun melakukan “crib talk” , bermain dengan suara dan kata-kata.
2. Anak yang berusia 4-5 tahun menggunakan perkataan pribadi sebagai cara untuk mengungkapkan fantasi dan emosi.
3.  Anak yang berusia 6-10 tahun “ berpikir sambil bersuara” atau mengguman sesuatu yang hampir tidak terdengar.
Dua tokoh yang terkenal memiliki pendapat yang berbeda tentang private speech. Kedua tokoh tersebut adalah Vygotsky dan Piaget. Vygotsky memandang private speech secara positif berbeda dengan piaget yang memandang private speech sebagai hal yang negative. Berikut akan dibahas pandangan kedua tokoh secara satu persatu.
1.     Jean Piaget (1962-1923)
        

Piaget berpendapat bahwa:

Bahasa baru muncul ketika anak sudah mencapai tahap perkembangan yang sudah lebih maju. Sehingga menurut Piaget, perkembangan kognitif mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Menurutnya anak yang melakukan private speech adalah tanda ketidakmatangan kognitif, dimana anak masih bersikap egosentris, tidak menyadari sudut pandang oranglain, dan belum bisa berkomunikasi secara bermakna. Ia juga berpendapat bahwa seorang anak kecil hanya menyuarakan apa yang ada dipikiran mereka. Piaget juga mengemukakan bahwa anak kecil berbicara ketika mereka melakukan sesuatu karena  mereka belum bisa membedakan kata-kata dan tindakan yang diwakili oleh kata tersebut.


2.     Vygotsky (1962/1934)


 


Vygotsky berpendapat bahwa :

Vygotsky tidak melihat perkataan pribadi sebagai sesuatu yang egosentris. Menurutnya, perkembangan bahasa sangatlah penting dalam membantu perkembangan kognitif anak. Ia melihat hal ini sebagai bentuk khusus dari komunikasi yakni terhadap dirinya sendiri. Private speech ini menurutnya memiliki fungsi penting dalam peralihan antara perkataan sosial awal dan perkataan dalam diri yang mengarah ke control internal dan perilaku diri. Private speech  bertujuan untuk mengembangkan anak menjadi pribadi yang mandiri.
Private speech yang dikemukakan oleh Vygotsky ini memiliki banyak sekali kegunaan. Ketika seorang anak yang sering menggunakan private speech dalam perkembangan bahasanya, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih pandai berkomunikasi dan berinteraksi secara social dibandingkan dengan anak yang sedikit bahkan tidak pernah menggunakan private speech. Sehingga bisa dikatakan bahwa private speech merupakan transisi awal untk menjadi seseorang yang komunikatif secara social.Private speech juga mampu membantu anak dalam membentuk pribadi yang penuh perhatian serta memiliki kinerja yang bagus.
Private speech juga mampu digunakan sebagai alat dalam menyelesaikan suatu masalah bagi anak. Hal ini tampak pada anak dalam tahap kognitif pra-operasional, dimana ketika anak yang berusaha memikirkan penyelesaian suatu masalah yang dihadapinya, ia akan berpikir dengan menggunakan suara yang menujukan perkataan tersebut pada dirinya sendiri. Namun, ketika anak telah memasuki tahap operasional konkrit, private speech tidak terdengar lagi.



Tidak ada komentar: