Rabu, 25 September 2013

Pribadi yang kreatif



Siapa menurut kamu seseorang yang kreatif??

Jika pertanyaan itu di tanyakan kepada saya, banyak orang yang mnurut saya memiliki kreativitas. Setiap orang memiliki bibit kreativitas tergantung bagaimana seseorang dan lingkungannya membentuk atau mengembangkan bibit kreativitas tersebut.

Orang yang terlintas di pikiran saya pertama kali ketika pertanyaan itu diberikan kepada saya adalah kakak saya yang nomor dua. Nama kakak saya adalah Mika Rumondang Napitupulu yang juga merupakan orang yang saya teladani. Saya menyatakan hal tersebut ketika kakak saya sering membuat barang-barang buatan tangannya sendiri.


(foto saya bersama kakak saya )

Ketika sahabat kakak saya berulang tahun kakak saya ingin memberikan hadiah berupa kerajinan tangan buatannya, karena menurutnya sesuatu yang dibuat dengan kerja keras dan sepenuh hati jauh lebih berarti dari pada hadiah yang langsung dibeli di toko. Ia berencana untuk membuat bingkai foto yang unik dengan foto temannya yang dikelilingin foto-foto mereka saat moment-moment bahagia.

Dalam pembuatan bingkai foto tersebut saya dapat menyampaikan 4P yang terjadi.

1. Person

    Kakak saya memang pribadi yang kreatif yang suka membuat benda-benda handmade dari barang-barang seperti korang bekas, stick eskrim, dan barang-barang yang sudah tidak dipakai. Dan untuk pembuatan bingkai foto tersebut dia sudah memikirkan ide – ide menarik dalam pikirannya.

2. Press

    Dorongan yang membuat dirinya ingin membuat produk kreatif itu adalah karena ingin memberikan hadiah yang istimewa kepada temannya yang berulang tahun berupa bingkai foto buatan sendiri yang didalamnya banyak tersimpan momeny-moment istimewa saat mereka bersama.

3. Proses

    Proses yang terjadi ialan ketika ia sudah menyiapkan segala alat dan bahan yang diperlukan dan menuangkan ide yang ada dalam pikirannya. Mengerjakannya dengan tahap  demi tahap dengan hati-hati. Ia mengerjakannya dengan sepenuh hati.

4. Produk Kreatif

   Setelah menuangkan ide kreatifnya, bingkai foto itu pun selesai. Hasilnya sangat bagus menurutku. Disetiap foto kakak saya menuliskan kenangan yang ada dalam foto tersebut. Dalam satu frame kita dapat melihat alur persahabatan mereka mulai dari awal perjumpaan. Ketika temannya menerima hadiah tersebut, temannya sangat senang dan terharu menerima hadiah tersebut. 

Demikan yang dapat saya sampaikan. Ingat bahwa kreativitas tidak hanya ada pada orang-orang tertentu, saya, kamu, mereka semua memiliki kreativitas tergantung bagaimana kamu mengembangkannya.

Tidak ada komentar: